Dini hari pada hari minggu, 7 Desember 1941, secara mendadak pesawat-pesawat Jepang yang berpangkalan di kapal induk, menyerang pangkalan Amerika Serikat di Pearl Harbour, Hawaii. Serangan ini berlangsung tanpa adanya pernyataan perang terlebih dahulu, dan disaat masih berlangsungnya perundingan antara delegasi Jepang dengan pemerintahan Amerika serikat di Washington D.C.

Sejarah +Penyerbuan+Jepang+Terhadap+Pearl Harbour+Pangkalan+Militer+Amerika+serikat 
Foto: Penyerbuan Jepang atas Pearl Harbour

Dalam serangan Jepang terhadap Pearl Harbour mengakibatkan 13 kapal perang tenggelam, 349 pesawat terbang hancur, dan 3000 prajurit tewas. Tujuan serangan Jepang terhadap Pearl Harbour yaitu untuk mengamankan serangan pokok Jepang ke selatan, yaitu ke Hindia Belanda yang kaya dengan bahan strategis yang diperlukan oleh Jepang,y aitu minyak.

Secara militer , serangan Jepang ke Pearl Harbour merupakan serangan yang berhasil, karena musnahnya pangkalan tersebut.

Namun secara politik, serangan tersebut merugikan Jepang, karena Amerika Serikat yang mulanya netral, kemudian terlibat penuh dalam perang tersebut dan mengarahkan seluruh kekuatan nasionalnya untuk melakukan serangan balasan terhadap Jepang.

Amerika Serikat menghinpun kembali sisa-sisa kapal perangnya yang dapat diselamatkan dari serangan Jepang tersebut. Kemudian Amerika mulai melakukan perlawanan secara gigih di Lautan Pasifik.Guna melakukan balasan, pasukan Amerika Serikat membentuk pangkalan di Australia dan di pimpin oleh Jenderal Douglas McArthur.